AGODA
Halooo, udah lama
rasanya saya tidak menulis dalam blog ini. Maklum lagi banyaknya tugas kuliah, hehe :D
Kali ini saya akan mengulas sedikit analisa saya tentang Agoda.com, sebuah platform pemesanan atau booking hotel yang saya dan mungkin juga kalian sering gunakan untuk memesan tempat menginap ketika liburan, atau ada kebutuhan diluar kota yang harus membuat kita menginap baik itu hotel maupun properti non-hotel. Analisa ini juga untuk tujuan tugas mata kuliah e-bisnis
Kali ini saya akan mengulas sedikit analisa saya tentang Agoda.com, sebuah platform pemesanan atau booking hotel yang saya dan mungkin juga kalian sering gunakan untuk memesan tempat menginap ketika liburan, atau ada kebutuhan diluar kota yang harus membuat kita menginap baik itu hotel maupun properti non-hotel. Analisa ini juga untuk tujuan tugas mata kuliah e-bisnis
Yuk, langsung saja kita bahas bersama...
Berbicara tentang booking atau pemesanan hotel bagi anda yang sudah sering jalan-jalan atau liburan pasti menjadi sebuah kebutuhan pokok. Sudah banyak platform penyedia layanan booking hotel secara online, dan salah satunya adalah Agoda. Sebagai platform penyedia layanan booking hotel terbesar di Asia Pasifik dan terus berkembang untuk mencapai pasar Global secara lebih luas tentu saja tidak bisa kesampingkan sebagai salah satu rekomendasi untuk pemesanan hotel, non-hotel seperti apartemen dan Villa, hingga pemesanan tiket pesawat.
Sedikit informasi Agoda
adalah salah satu platform pemesanan perjalanan online yang berkembang paling
pesat di dunia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2005 ini berkembang dengan
cepat di Asia dan diambil alih oleh penyedia pemesanan kamar online terbesar di
dunia, Booking Holdings Inc. pada tahun 2007. Kantor utama Agoda berada di
Singapura dengan 53 kantor cabang di kota-kota besar yang ada di 30 negara dan
memiliki lebih dari 3700 karyawan di seluruh dunia. Agoda menyediakan lebih
dari 2 juta properti akomodasi, termasuk apartemen, villa, rumah dan hotel dan
didukung oleh lebih dari 15 juta ulasan dari wisatawan. Agoda adalah yang
terdepan dalam penyediaan akomodasi non-hotel seperti apartemen, villa dan rumah.
Ide awal berdirinya
perusahaan "Pemesanan Hotel Secara Online" ini dicetuskan oleh Michael Kenny yang
berasal dari Long Island, New York. Yang pada akhir tahun 1990-an
berpindah ke Thailand, dan mendirikan perusahaan dengan nama PlanetHoliday.com, pada
awalnya konsep ini untuk menggunakan kekuatan yang berkembang dari mesin
pencari untuk mengisi kekosongan yang dirasakan mengenai hotel dan informasi
perjalanan. Kemajuan teknologi dan kecanggihan mesin pencari menjadi dasar
konsep Kenny untuk membuat sebuah sistem operasi yang berada dalam perusahaan
situs reservasi hotel onlinenya. PlanetHoliday adalah nama yang
digunakan oleh Kenny sebelum berubah menjadi Agoda (dibawah kepemilikan Agoda Company Pte.
Ltd. )
Dewasa ini Agoda terus
berinovasi dan melakukan strategi-strategi mengikuti perkembangan jaman dan teknologi
untuk lebih dekat dengan konsumennya, selain dalam bentuk website juga sudah
merambah ke pasar aplikasi berbasis Android dan iOS. Hal ini membuat semakin
mudahnya untuk melakukan pemesanan hotel hanya dengan melalui smartphone. Dan yang terbaru, selain
pemesanan hotel, Agoda juga melakukan inovasi dengan menambah fitur pemesanan
untuk tiket pesawat, hal ini membuat Agoda semakin bias diandalkan untuk
menjadi platform pembantu kebutuhan tempat menginap dan pesawat untuk
perjalanan anda.
Pada awal berdirinya, PlanetHoliday.com
sekarang berubah menjadi Agoda.com hanyalah sebuah keinginan bagaimana
mempermudah pemesanan booking hotel dengan lebih cepat. Kemudian terus
berkembang, tahun 2017 Agoda mencoba menarik pasar kaum millineal dengan
menambah property non-hotel seperti apartemen dan villa. Dan sekarang Agoda
juga menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat secara online.
Dengan terus
berkembangnya Agoda, membuat Agoda menjalin mitra dengan perusahaan yang
terbesar, dengan reputasi terbagus yang sudah lama beroperasi di Asia dan
seluruh dunia, dan berafiliasi dengan organisasi berikut:
- ASTA (American Society of Travel Agents)
- IATA (International Air Transport Association)
- PATA (Pacific Asia Travel Association)
- HKTA (Hong Kong Tourist Association)
- ATTA (Association of Thai Travel Agents)
- TIC (Travel Industry Council)
Global Market atau Pasar Internasional
Ilustrasi Global Market |
Global Market adalah suatu aktivitas pemasaran berskala luas yang terbuka bagi semua pelaku usaha tak terkecuali di pasar dunia. Dan Agoda telah melihat pasar internasional secara luas, untuk menciptakan market secara global tentunya harus memiliki product, customers, operations, resources, dan collaboration.
Agoda menawarkan sebuah layanan yang sangat
dibutuhkan oleh setiap wisatawan, baik local maupun mancanegara dalam memenuhi
kebutuhan utama mereka yaitu tempat penginapan atau hotel, dengan pangsa pasar
internasional tersebut, jelas membuktikan komitmen dari Agoda untuk terus
berkembang jauh kedepan. Dengan inovasi-inovasi yang terus dilakukan tersebut
tentunya dapat menjadi sebuah solusi bagi wisatwan untuk mempertimbangkan Agoda
sebagai platform penyedia booking tempat menginap.
Dalam memberikan layanan, Agoda telah memanfaatkan
teknologi informasi dengan sangat baik, antara lain :
- Teknologi End User
- Website Online Agoda.com
- Apikasi Smartphone Android
- Apikasi Smartphone iOS
- API (Application Programing Interface)
- Google Maps
- Sistem Pembayaran
- Kartu Kredit Debit
- Visa
- MasterCard
- JCB
- UnionPay (Debit dan Credit Card)
- Internasional
- Paypal
- Indonesia
- Indomaret
- Alfamart
- Customer Service
- Social Media
- Website Agoda.com
- Call Center
Bisnis Canvas Agoda
- VALUE PROPOSITIONS
- Menyediakan platform pemesanan hotel dan property non-hotel seperti Apartemen dan Villa yang berkualitas, mudah serta cepat diakses, dengan harga terjangkau
- COSTUMER SEGMENTS
- Konsumen pengguna jasa pesawat dan hotel.
- Traveler, konsumen yang sering berpergian dengan pesawat dan menginap di hotel.
- Pengguna keperluan bisnis
- CHANNELS
- Aplikasi Agoda.com
- Iklan di media seperti TV, WEBSITE, Sosial Media
- Berbagai bank, ATM
- Customer service/call center
- CUSTOMER RELATIONSHIPS
- Diskon dan promo
- Email newsletter
- Aplikasi kaya fitur
- KEY ACTIVITIES
- Manajemen data Pengguna
- Layanan Pemesanan
- Layanan mitra
- Riset dan pengembangan
- Pemeliharaan dan upgrade server, database, dan aplikasi
- KEY RESOURCES
- Google Maps
- Aplikasi Agoda.com
- Infrastruktur server
- Sumber daya manusia
- Kebutuhan Property
- Server, aplikasi, database
- KEY PARTNERS
- Perusahaan investor
- Google/Apple
- Perusahaan mitra
- Bank / Payment
- Hotel di seluruh dunia (Termasuk dari RedDoorz, OYO, ZEN Rooms)
- Maskapai penerbangan lokal dan internasional.
- COST STRUCTURE
- Bagi hasil dengan mitra property
- Penyewaan infrastruktur server
- Sewa kantor
- Gaji pegawai kantor
- Biaya pemeliharaaan dan perbaikan sistem
- REVENUE STREAMS
- Pembagian keuntungan dengan mitra.
- Penjualan jasa penyedia booking online pesawat.
- Penjualan jasa penyedia booking online hotel dan non-hotel.
KESIMPULAN
Dari hasil analisa diatas, jadi
kita bias tahu dan memahami bagaimana proses bisnis dari Agoda. Agoda telah
berkembang dari awalnya hanya sebagai revolusi layanan booking atau pemesanan
hotel, kini bertambah ke booking property non-hotel seperti apartemen dan
Villa, dan yang terbaru ada booking tiket untuk pesawat da nada fitur terbaru
yaitu paket pemesanan hotel sekaligus tiket pesawat, semakin praktis dan mudah
bukan. Semua layanan dari Agoda bias diakses melalui website www.agoda.com ataupun melalui aplikasi
smartphone kalian, cukup download dan daftar.
Pembagian Sistem yang terdapat pada Agoda |
Penerapan E-Commerce pada Agoda
telah terintegrasi dengan sangat baik, hal ini bias kita lihat dari arsitektur
aplikasi agoda, bagaimana menghubungkan antar proses dan interface cukup
melalui aplikasi E-Commerce, bagaimana konsumen memesan, prosesnya, hingga
selesainya yaitu penerbitan bukti pemesanan.
Proses pemesanan pada Agoda |
Komentar
Posting Komentar