Langsung ke konten utama

Analisa E-Bisnis Dari Agoda

AGODA

Halooo, udah lama rasanya saya tidak menulis dalam blog ini. Maklum lagi banyaknya tugas kuliah, hehe :D

Kali ini saya akan mengulas sedikit analisa saya tentang
Agoda.com, sebuah platform pemesanan atau booking hotel yang saya dan mungkin juga kalian sering gunakan untuk memesan tempat menginap ketika liburan, atau ada kebutuhan diluar kota yang harus membuat kita menginap baik itu hotel maupun properti non-hotel. Analisa ini juga untuk tujuan tugas mata kuliah e-bisnis

Yuk, langsung saja kita bahas bersama...

Logo Agoda


Berbicara tentang booking atau pemesanan hotel bagi anda yang sudah sering jalan-jalan atau liburan pasti menjadi sebuah kebutuhan pokok. Sudah banyak platform penyedia layanan booking hotel secara online, dan salah satunya adalah Agoda. Sebagai platform penyedia layanan booking hotel terbesar di Asia Pasifik dan terus berkembang untuk mencapai pasar Global secara lebih luas tentu saja tidak bisa kesampingkan sebagai salah satu rekomendasi untuk pemesanan hotel, non-hotel seperti apartemen dan Villa, hingga pemesanan tiket pesawat.

Sedikit informasi Agoda adalah salah satu platform pemesanan perjalanan online yang berkembang paling pesat di dunia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2005 ini berkembang dengan cepat di Asia dan diambil alih oleh penyedia pemesanan kamar online terbesar di dunia, Booking Holdings Inc. pada tahun 2007. Kantor utama Agoda berada di Singapura dengan 53 kantor cabang di kota-kota besar yang ada di 30 negara dan memiliki lebih dari 3700 karyawan di seluruh dunia. Agoda menyediakan lebih dari 2 juta properti akomodasi, termasuk apartemen, villa, rumah dan hotel dan didukung oleh lebih dari 15 juta ulasan dari wisatawan. Agoda adalah yang terdepan dalam penyediaan akomodasi non-hotel seperti apartemen, villa dan rumah.

Ide awal berdirinya perusahaan "Pemesanan Hotel Secara Online"  ini dicetuskan oleh Michael Kenny yang berasal dari Long Island, New York. Yang pada akhir tahun 1990-an berpindah ke Thailand, dan mendirikan perusahaan dengan nama PlanetHoliday.com, pada awalnya konsep ini untuk menggunakan kekuatan yang berkembang dari mesin pencari untuk mengisi kekosongan yang dirasakan mengenai hotel dan informasi perjalanan. Kemajuan teknologi dan kecanggihan mesin pencari menjadi dasar konsep Kenny untuk membuat sebuah sistem operasi yang berada dalam perusahaan situs reservasi hotel onlinenya. PlanetHoliday adalah nama yang digunakan oleh Kenny sebelum berubah menjadi Agoda (dibawah kepemilikan Agoda Company Pte. Ltd. )

Dewasa ini Agoda terus berinovasi dan melakukan strategi-strategi mengikuti perkembangan jaman dan teknologi untuk lebih dekat dengan konsumennya, selain dalam bentuk website juga sudah merambah ke pasar aplikasi berbasis Android dan iOS. Hal ini membuat semakin mudahnya untuk melakukan pemesanan hotel hanya dengan melalui smartphone. Dan yang terbaru, selain pemesanan hotel, Agoda juga melakukan inovasi dengan menambah fitur pemesanan untuk tiket pesawat, hal ini membuat Agoda semakin bias diandalkan untuk menjadi platform pembantu kebutuhan tempat menginap dan pesawat untuk perjalanan anda.

Fitur dan Layanan Agoda

Halaman Awal website Agoda.com


Pada awal berdirinya, PlanetHoliday.com sekarang berubah menjadi Agoda.com hanyalah sebuah keinginan bagaimana mempermudah pemesanan booking hotel dengan lebih cepat. Kemudian terus berkembang, tahun 2017 Agoda mencoba menarik pasar kaum millineal dengan menambah property non-hotel seperti apartemen dan villa. Dan sekarang Agoda juga menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat secara online.

Dengan terus berkembangnya Agoda, membuat Agoda menjalin mitra dengan perusahaan yang terbesar, dengan reputasi terbagus yang sudah lama beroperasi di Asia dan seluruh dunia, dan berafiliasi dengan organisasi berikut:
  1. ASTA (American Society of Travel Agents)
  2. IATA (International Air Transport Association)
  3. PATA (Pacific Asia Travel Association)
  4. HKTA (Hong Kong Tourist Association)
  5. ATTA (Association of Thai Travel Agents)
  6. TIC (Travel Industry Council)


Global Market atau Pasar Internasional



Ilustrasi Global Market

Global Market adalah suatu aktivitas pemasaran berskala luas yang terbuka bagi semua pelaku usaha tak terkecuali di pasar dunia. Dan Agoda telah melihat pasar internasional secara luas, untuk menciptakan market secara global tentunya harus memiliki product, customers, operations, resources, dan collaboration.

Agoda menawarkan sebuah layanan yang sangat dibutuhkan oleh setiap wisatawan, baik local maupun mancanegara dalam memenuhi kebutuhan utama mereka yaitu tempat penginapan atau hotel, dengan pangsa pasar internasional tersebut, jelas membuktikan komitmen dari Agoda untuk terus berkembang jauh kedepan. Dengan inovasi-inovasi yang terus dilakukan tersebut tentunya dapat menjadi sebuah solusi bagi wisatwan untuk mempertimbangkan Agoda sebagai platform penyedia booking tempat menginap.

Dalam memberikan layanan, Agoda telah memanfaatkan teknologi informasi dengan sangat baik, antara lain :
  1. Teknologi End User
    • Website Online Agoda.com
    •  Apikasi Smartphone Android
  2.  Apikasi Smartphone iOS
    • Teknologi Database
    • Cloud Computing
    • Tampilan aplikasi Agoda pada Android
    • Smartphone Storage
  3. API (Application Programing Interface)
    •  Google Maps
  4. Sistem Pembayaran
    • Kartu Kredit Debit
      • Visa
      • MasterCard
      • JCB
      • UnionPay (Debit dan Credit Card)
    • Internasional
      • Paypal
    • Indonesia
      • Indomaret
      • Alfamart
  5. Customer Service
    •  Social Media
    • Website Agoda.com
    • Call Center


 Bisnis Canvas Agoda

Ilustrasi Bisnis Canvas Model

  1. VALUE PROPOSITIONS
    • Menyediakan platform pemesanan hotel dan property non-hotel seperti Apartemen dan Villa yang berkualitas, mudah serta cepat diakses, dengan harga terjangkau
  2. COSTUMER SEGMENTS
    • Konsumen pengguna jasa pesawat dan hotel.
    • Traveler, konsumen yang sering berpergian dengan pesawat dan menginap di hotel.
    • Pengguna keperluan bisnis
  3. CHANNELS
    • Aplikasi Agoda.com
    • Iklan di media seperti TV, WEBSITE, Sosial Media
    • E-mail
    • Berbagai bank, ATM
    • Customer service/call center
  4. CUSTOMER RELATIONSHIPS
    • Diskon dan promo
    • Email newsletter
    • Aplikasi kaya fitur
  5. KEY ACTIVITIES
    • Manajemen data Pengguna
    • Layanan Pemesanan
    • Layanan mitra
    • Riset dan pengembangan
    • Pemeliharaan dan upgrade server, database, dan aplikasi
  6. KEY RESOURCES
    • Google Maps
    • Aplikasi Agoda.com
    • Infrastruktur server
    • Sumber daya manusia
    • Kebutuhan Property
    • Server, aplikasi, database
  7. KEY PARTNERS
    • Perusahaan investor
    • Google/Apple
    • Perusahaan mitra
    • Bank / Payment
    • Hotel di seluruh dunia (Termasuk dari RedDoorz, OYO, ZEN Rooms)
    • Maskapai penerbangan lokal dan internasional.
  8. COST STRUCTURE
    • Bagi hasil dengan mitra property
    • Penyewaan infrastruktur server
    • Sewa kantor
    • Gaji pegawai kantor
    • Biaya pemeliharaaan dan perbaikan sistem
  9. REVENUE STREAMS
    • Pembagian keuntungan dengan mitra.
    • Penjualan jasa penyedia booking online pesawat.
    • Penjualan jasa penyedia booking online hotel dan non-hotel.

KESIMPULAN

Dari hasil analisa diatas, jadi kita bias tahu dan memahami bagaimana proses bisnis dari Agoda. Agoda telah berkembang dari awalnya hanya sebagai revolusi layanan booking atau pemesanan hotel, kini bertambah ke booking property non-hotel seperti apartemen dan Villa, dan yang terbaru ada booking tiket untuk pesawat da nada fitur terbaru yaitu paket pemesanan hotel sekaligus tiket pesawat, semakin praktis dan mudah bukan. Semua layanan dari Agoda bias diakses melalui website www.agoda.com ataupun melalui aplikasi smartphone kalian, cukup download dan daftar.

Pembagian Sistem yang terdapat pada Agoda



Penerapan E-Commerce pada Agoda telah terintegrasi dengan sangat baik, hal ini bias kita lihat dari arsitektur aplikasi agoda, bagaimana menghubungkan antar proses dan interface cukup melalui aplikasi E-Commerce, bagaimana konsumen memesan, prosesnya, hingga selesainya yaitu penerbitan bukti pemesanan.

Proses pemesanan pada Agoda

Akhir kata, sekian terimakasih sudah membaca artikel saya kali ini. Sampai ketemu ditulisan saya selanjutnyaa :D


REFERENSI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan Teknologi Telekomunikasi

1.   Perkembangan Teknologi 1G, 2G, 3G, 3.5G, 4G Dan 5G Perkembangan Teknologi Telekomunikasi Huruf “G” pada setiap Teknologi pada1G, 2G, 3G, 3.5G, 4G Dan 5G adalah Generasi. Teknologi sekarang sudah sangat maju dan GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA adalah generasinya. GPRS adalah generasi pertamanya disusul dengan Edge dengan memberikan layanan agak cepat lalu 3G dengan menghadirkan layanan tercepat dan akhirnya teknologi sekarang 3.5G menyingkirkan semua dengan menghadirkan layanan sangat cepat untuk mengakses data, dan mungkin akan hadir layanan 4G. 2.         Perjalanan Generasi G berarti Generation dan berhubungan dengan kecepatan transmisi data          1G – Original analog cellular for voice (AMPS, NMT, TACS) 14.4 kbps       2G – Digital narrowband circuit data (TDMA, CDMA) 9-14.4 kbps       3G – Digital broadband packet data (CDMA, EV-DO, UMTS, EDGE) 500-700 kbps       3.5G – Replacement for EDGE is HSPA 1-3 mbps and HSDPA up to 7.2Mbps       4G – Digit

Pengertian Domain dan Analisa Domain

Pengertian Domain Domain DNS yang merupakan singkatan dari Domain Name System atau Sistem Penamaan Domain adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dari jaringan komputer di seluruh dunia. Nama domain adalah alamat internet penyelenggara negara, Orang, Badan Usaha, dan/atau masyarakat, yang dapat digunakan dalam berkomunikasi melalui internet, yang berupa kode atau susunan karakter yang bersifat unik untuk menunjukkan lokasi tertentu dalam internet. Bagi anda yang masih awam dan belum memahaminya, secara sederhana nama domain adalah nama unik anda di dunia internet atau alamat suatu situs/website internet seperti www.google.com, www.pajak.go.id. Nama domain biasanya terdiri dari dua bagian atau lebih yang dipisahkan dengan tanda titik dengan panjang hurufnya tidak boleh melebihi 63 karakter. Domain adalah sistem penamaan yang berformat atau biasa disebut dengan nama unik (unique name) yang digunakan untuk mengidentifikasi nama serv

Algoritma Kriptografi Modern (RSA)

Kriptografi Algoritma Kriptografi Modern Kriptografi bertujuan menjaga kerahasiaan informasi yang terkandung dalam data sehingga informasi tersebut tidak dapat diketahui oleh pihak yang tidak sah. Dalam menjaga kerahasiaan data, kriptografi mentransformasikan data jelas (plaintext) ke dalam bentuk data sandi (ciphertext) yang tidak dapat dikenali. Ciphertext inilah yang kemudian dikirimkan oleh pengirim (sender) kepada penerima (receiver). Setelah sampai di penerima, ciphertext tersebut ditransformasikan kembali ke dalam bentuk plaintext agar dapat dikenali. Proses tranformasi dari plaintext menjadi ciphertext disebut proses Encipherment atau enkripsi (encryption), sedangkan proses mentransformasikan kembali ciphertext menjadi plaintext disebut proses dekripsi (decryption). Kriptografi menggunakan suatu algoritma (cipher) dan kunci (key). Cipher adalah fungsi matematika yang digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi. Sedangkan kunci merupakan sederetan bit yang diperlukan