Langsung ke konten utama

Membangun Kepercayaan, Strategi, dan Tekonologi Bisnis

Membangun Kepercayaan, Strategi, dan Tekonologi Bisnis

MEMBANGUN KEPERCAYAAN, STRATEGI, DAN TEKNOLOGI DALAM BISNIS

Dalam ilmu ekonomi bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "SIBUK" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.


Apa itu kepercayaan? Pertanyaan tersebut yang seharusnya kita pahami terlebih dahulu agar bisa memaknai sebuah kepercayaan, lalu apa saja manfaat dari sebuah kepercayaan. Arti / pengertian kepercayaan itu banyak sekali tergantung kepercayaan dalam bidang atau sifat apa, misalkan kepercayaan dalam diri sendiri, atau mungkin kepercayaan orang lain terhadap kita, atau mungkin yang lainnya. Di sini saya akan lebih membahas pada kepercayaan orang lain. Lalu bagaimana seseorang bisa percaya dengan kita ? Mengapa harus membuat kepercayaan ? Kenapa tidak yang lainnya?

Kunci utama dari keberhasilan sebuah bisnis adalah kepercayaan yang timbul dari konsumen terhadap produk ataupun jasa yang dijual. Kepercayaan dalam hal bisnis memegang peranan penting untuk segala hal, jika kepercayaan itu runtuh maka bias kita pastikan jalannya bisnis tidaka akan berjalan mulus lagi. Di sini, hampir semua informasi terkait aspek keuangan dibagi dengan karyawan, investor, dan pelanggan. Komunikasi  secara reguler dapat tumbuh di lingkungan terbuka, sehingga memungkinkan interaksi yang konstan.Dalam pertemuan, setiap orang yang percaya dengan informasi sensitif diharapkan dapat memanfaatkan inklusi mereka guna mendorong perusahaan ke depan.

Strategi Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Akan Bisnis Anda


Konsumen harus memiliki kepercayaan bahwa produk atau jasa yang dipilihnya mampu memberikan manfaat yang terbaik baginya. Di saat Anda sebagai pemilik bisnis telah berhasil membangun kepercayaan dari konsumen, bisnis Anda pasti akan mendapatkan lebih banyak pelanggan yang kembali, termasuk rekomendasi secara gratis dari konsumen kepada orang-orang terdekatnya.

Konsumen akan secara sukarela mempromosikan produk atau jasa yang Anda jual terhadap orang-orang disekitarnya karena mereka telah memiliki pengalaman yang baik dengan produk atau jasa dari Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat memperoleh kepercayaan dari konsumen akan bisnis Anda.

Strategi juga berpengaruh dalam sebuah perencanaan atau penawaran. Bagaimana cara membuat seseorang tertarik dengan kita atau produk atau layanan tergantung strategi kita ketika menghadapi mereka. Semua orang pasti memiliki strategi untuk mencapai sesuatu atau membuat sesuatu. Strategi yang ampuh dilakukan untuk itu yaitu penyesuaian dan umpan balik terhadap produk layanan.


Dari Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) dikemukakan empat unsur strategi dari setiap usaha, yaitu:
  1. Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (output) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya.
  2. Mempertimbangkan dan memilih jalan pendekatan utama (basic way) yang paling efektif untuk mencapai sasaran.
  3. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah (steps) yang akan dtempuh sejak titik awal sampai dengan sasaran.
  4. Mempertimbangkan dan menetapkan tolok ukur (criteria) dan patokan ukuran (standard) untuk mengukur dan menilai taraf keberhasilan (achievement) usaha.

Berikut adalah 5 strategi yang dapat Anda gunakan dalam memunculkan kepercayaan konsumen akan bisnis Anda yang menurut saya cukup penting karena sudah mencangkup hampir semuanya yang dibutuhkan:

1. Komunikasi

Komunikasi adalah hal terpenting dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Alih-alih hanya memberi tahu pelanggan tentang bisnis Anda, mulailah melakukan percakapan dengan mereka. Cari tahu apa yang menjadi kebutuhan dari pelanggan, lalu tunjukkan pada mereka bahwa Anda memiliki solusi untuk masalah mereka.


2. Buatlah produk atau jasa anda melebihi harapan pelanggan

Pelanggan Anda mengharapkan produk atau jasa yang dibelinya dari Anda merupakan produk atau jasa terbaik baginya. Singkatnya, jika Anda berhasil membuat pelanggan merasa senang dengan kualitas dari bisnis Anda, maka pelanggan akan kembali dan menggunakan produk atau jasa Anda secara terus menerus.

Untuk membuat pelanggan yakin bahwa telah memilih produk atau jasa yang tepat, Anda dapat melakukan beberapa hal ini, seperti; mengantarkan produk atau jasa lebih cepat dari yang diantisipasi, memberikan packaging yang bagus. Bila Anda memberikan lebih awal dari yang diharapkan, pelanggan akan senang dengan pelayanan yang Anda berikan.

3.       Mintalah kritik dan saran

Apakah pelanggan memiliki opini baik atau buruk tentang bisnis Anda? Mendengarkan kritik dan saran dari pelanggan akan menunjukkan bahwa Anda peduli akan kebutuhan mereka. Cobalah untuk melakukan survei singkat baik melalui online ataupun offline, mintalah kritik dan saran dari pelanggan akan produk atau jasa yang baru dibelinya dari Anda.

Kritik dan saran dari pelanggan akan membantu Anda mengetahui lebih dalam akan kebutuhan yang ada, sehingga Anda dapat memberikan solusi terbaik untuk masalah mereka. Semakin baik penawaran Anda, dan mampu memenuhi kebutuhan mereka, semakin besar peluang adanya peningkatan penjualan. Pastikan untuk selalu mendengarkan setiap komentar yang ada dan tanggapi dengan segera. Termasuk apabila komentar yang diberikan merupakan komentar yang negatif.
Melalui komentar inilah Anda dapat melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan yang Anda perbuat dalam bisnis.

4.       Lakukan komunikasi dua arah dengan pelanggan

Seiring dengan perkembangan teknologi, ada lebih banyak cara untuk dapat memulai percakapan dengan pelanggan Anda dibandingkan sebelumnya. Ada banyak medium online dan media sosial yang dapat Anda gunakan untuk dapat menjangkau pelanggan. Tindakan komunikasi dua arah dengan pelanggan ini bertujuan untuk menumbuhkan hubungan diantara bisnis Anda dengan pelanggan.
Pelanggan cenderung akan bersifat transparan dan lebih terbuka akan kekurangan dari produk Anda yang tidak ia suka. Dengan metode ini, Anda akan selalu menjadi terdepan diantara competitor, karena dengan cepat Anda dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada tersebut.

5.       Tujukkan apresiasi

Berikan apresiasi terhadap pelanggan lama dengan program loyalitas diskon. Anda dapat membagikan kartu hadiah, atau menggunakan program loyalitas untuk memberikan penghargaan kepada pelanggan. Dengan program loyalitas ini, pelanggan mendapatkan poin untuk membeli barang atau jasa Anda. Setelah mendapatkan sejumlah poin, maka pelanggan berhak mendapatkan hadiah. Misalnya, Anda bisa memberi hadiah kepada pelanggan dengan diskon untuk pembelian berikutnya.
Juga berikan barang bermerek murah, seperti pulpen atau notes, atau bahkan barang mahal, seperti kaos, topi atau jaket dengan logo Anda di atasnya. Ini adalah cara kecil namun efektif untuk mengucapkan terima kasih kepada pelanggan sekaligus menjaga bisnis Anda tetap menjadi pilihan utama bagi pelangggan.

MEMBANGUN KEPERCAYAAN, STRATEGI, DAN TEKNOLOGI DALAM BISNIS


Disini saya mengambil contoh kasus investasi di Indonesia.

1.    Di era jaman sekarang, sudah mulai banyaknya masyarakat yang melek akan bisnis, dan menurut saya yang paling diminati adalah sektor bisnis investasi.
2.    Berdasarkan data statistik yang dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dalam kurun waktu kuartal pertama saja, yaitu dari Januari-Maret 2018, investasi di Indonesia mencapai angka Rp 185,3 triliun.
3.    Indonesia pada tahun 2018 mendapat julukan “Sebagai Negara Terbaik Tujuan Investasi Kedua di Dunia 2018”.
4.    Investasi diperlukan untuk sebuah Negara maupun perusahaan untuk mengembangkan dan meningkatkan daya saing

Banyak website dan badan usaha yang bergerak dibidang bisnis investasi, katakanlah yang paling terkenal di Indonesia apa BEI (Bursa Efek Indonesia), banyak lapak saham baik perusahaan nasional maupun multinasional yang memperdagangkan sahamnya di lantai BEI. Kemudian yang menjadi trend ditahun 2018 adalah KOINWORKS, koinworks adalah perusahaan Peer to Peer Fintech Lending Indonesia terdepan, menghubungkan Pendana dan Peminjam dalam sebuah platform online untuk saling memenuhi kebutuhan finansial, KoinWorks bisa diakses di www.koinworks.com.

Namun perlu kita ketahui, semua platform investasi di Indonesia dipantau dan atur oleh OJK(Otoritas Jasa Keuangan). OJK sendiri adalah lembaga Negara yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank seperti Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya.

Proses Bisnis dan Teknologi

Bisnis dan Teknologi

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini, bisa dikatakan teknologi informasi telah masuk ke dalam segala bidang, salah satunya di bidang bisnis, tak luput juga bisnis investasi. Jaman telah berubah, perilaku konsumenpun juga telah ikut berubah, mereka banyak berbagi informasi melalui media online, baik informasi personal atau informasi data mereka. Bahkan sekarang untuk mencari informasi dan mencari produk yang mereka butuhkan, mereka akan melakukan pencarian melalui internet. Ketika pola dan perilaku konsumen telah berubah seiring berkembangnya teknologi, maka pelaku bisnis pun harus segera memanfaatkan teknologi untuk bisnis nya. Bisnis tanpa memanfaatkan teknologi informasi tidak akan bisa maju bahkan terancam bangkrut.Dalam sebuah kerjasama atau sebelumnya yaitu pada penawaran suatu produk atau layanan teknologi yang digunakan cukup berpengaruh dalam berhasilnya suatu penawaran atau kesepakatan. Saat ini seseorang pasti lebih memilih teknologi yang lebih maju atau lebih bagus daripada teknologi yang lama atau tradisional. Sehingga menjadi maklum saja jika pada waktu tertentu suatu teknologi akan tergeser dengan teknologi yang lebih baru dan lebih bagus. Jadi teknologi yang kita gunakan pada produk atau layanan kita harus mengikuti jaman, sehingga seseorang akan tertarik dengan produk atau layanan kita.


Begitu pula proses bisnis di KoinWorks sudah sangat mengikuti jaman yang dipenuhi teknologi terbaru, seperti yang saya katakan diatas, KoinWorks adalah perusahaan Peer to Peer Fintech Lending Indonesia terdepan, menghubungkan Pendana dan Peminjam dalam sebuah platform online untuk saling memenuhi kebutuhan finansial. Jadi kita bias memilih, mau sebagai pendana atau peminjam dana di KoinWorks. Jadi, dengan kata lain KoinWorks ini mirip dengan Bank, namun dia lebih berani dalam memberikan layanan dan fasilitas lebih daripada bank. Mulai investasi anda bisa memulai dengan nilai minimum adalah Rp 100.000,- dan dengan bunga efektif pertahun mencapai 21.32%. Cukup menggiurkan bukan?

Teknologi yang digunakan di KoinWorks pada awalnya menggunakan teknologi Peer To Peer Lending. Peer to Peer Lending (P2P Lending) adalah praktek atau metode memberikan pinjaman uang kepada individu atau bisnis dan juga sebaliknya, mengajukan pinjaman kepada pemberi pinjaman, yang menghubungkan antara pemberi pinjaman dengan peminjam atau investor secara online.

Peer to Peer Lending (P2P Lending) memungkinkan setiap orang untuk memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman yang satu dengan yang lain untuk berbagai kepentingan tanpa menggunakan jasa dari lembaga keuangan yang sah sebagai perantara. Pada dasarnya, sistem P2P Lending ini sangat mirip dengan konsep marketplaceonline, yang menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara pembeli dengan penjual.

Namun, semakin berkembangnya teknologi. Kini Koinworks menggunakan fitur investasi P2P berbasis Algoritma machine learning yang bernama RoboLending. RoboLending disini membantu investor untuk menemukan dan memaksimalkan hasil investasinya dengan melakukan perbandingan algoritma dan nilai investasi disesuaikan dengan klasifikasi kebutuhan anda sesuai dengan jangka waktu yang dikehendaki.

Selain itu, Koinworks juga sudah memiliki partner yang sudah merambah disegala sector, baik perusahaan jasa maupun teknologi. Ini jelas menuntut Koinworks untuk terus berinovasi dan berimprovisasi sebaik mungkin dalam memberikan pelayanan terhadap investor kedepannya.

Nah, itu tadi adalah bagaimana cara membangun kepercayaan, strategi dan teknologi yang saya olah dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat. Dan Salam Teknologi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan Teknologi Telekomunikasi

1.   Perkembangan Teknologi 1G, 2G, 3G, 3.5G, 4G Dan 5G Perkembangan Teknologi Telekomunikasi Huruf “G” pada setiap Teknologi pada1G, 2G, 3G, 3.5G, 4G Dan 5G adalah Generasi. Teknologi sekarang sudah sangat maju dan GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA adalah generasinya. GPRS adalah generasi pertamanya disusul dengan Edge dengan memberikan layanan agak cepat lalu 3G dengan menghadirkan layanan tercepat dan akhirnya teknologi sekarang 3.5G menyingkirkan semua dengan menghadirkan layanan sangat cepat untuk mengakses data, dan mungkin akan hadir layanan 4G. 2.         Perjalanan Generasi G berarti Generation dan berhubungan dengan kecepatan transmisi data          1G – Original analog cellular for voice (AMPS, NMT, TACS) 14.4 kbps       2G – Digital narrowband circuit data (TDMA, CDMA) 9-14.4 kbps       3G – Digital broadband packet data (CDMA, EV-DO, UMTS, EDGE) 500-700 kbps       3.5G – Replacement for EDGE is HSPA 1-3 mbps and HSDPA up to 7.2Mbps       4G – Digit

Pengertian Domain dan Analisa Domain

Pengertian Domain Domain DNS yang merupakan singkatan dari Domain Name System atau Sistem Penamaan Domain adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dari jaringan komputer di seluruh dunia. Nama domain adalah alamat internet penyelenggara negara, Orang, Badan Usaha, dan/atau masyarakat, yang dapat digunakan dalam berkomunikasi melalui internet, yang berupa kode atau susunan karakter yang bersifat unik untuk menunjukkan lokasi tertentu dalam internet. Bagi anda yang masih awam dan belum memahaminya, secara sederhana nama domain adalah nama unik anda di dunia internet atau alamat suatu situs/website internet seperti www.google.com, www.pajak.go.id. Nama domain biasanya terdiri dari dua bagian atau lebih yang dipisahkan dengan tanda titik dengan panjang hurufnya tidak boleh melebihi 63 karakter. Domain adalah sistem penamaan yang berformat atau biasa disebut dengan nama unik (unique name) yang digunakan untuk mengidentifikasi nama serv

Algoritma Kriptografi Modern (RSA)

Kriptografi Algoritma Kriptografi Modern Kriptografi bertujuan menjaga kerahasiaan informasi yang terkandung dalam data sehingga informasi tersebut tidak dapat diketahui oleh pihak yang tidak sah. Dalam menjaga kerahasiaan data, kriptografi mentransformasikan data jelas (plaintext) ke dalam bentuk data sandi (ciphertext) yang tidak dapat dikenali. Ciphertext inilah yang kemudian dikirimkan oleh pengirim (sender) kepada penerima (receiver). Setelah sampai di penerima, ciphertext tersebut ditransformasikan kembali ke dalam bentuk plaintext agar dapat dikenali. Proses tranformasi dari plaintext menjadi ciphertext disebut proses Encipherment atau enkripsi (encryption), sedangkan proses mentransformasikan kembali ciphertext menjadi plaintext disebut proses dekripsi (decryption). Kriptografi menggunakan suatu algoritma (cipher) dan kunci (key). Cipher adalah fungsi matematika yang digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi. Sedangkan kunci merupakan sederetan bit yang diperlukan