Membangun Kepercayaan, Strategi, dan Tekonologi Bisnis
MEMBANGUN KEPERCAYAAN, STRATEGI, DAN TEKNOLOGI DALAM BISNIS |
Dalam ilmu ekonomi bisnis adalah
suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis
lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa
Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "SIBUK" dalam konteks individu,
komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan
pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Apa itu kepercayaan? Pertanyaan tersebut yang seharusnya kita pahami terlebih dahulu agar bisa memaknai sebuah kepercayaan, lalu apa saja manfaat dari sebuah kepercayaan. Arti / pengertian kepercayaan itu banyak sekali tergantung kepercayaan dalam bidang atau sifat apa, misalkan kepercayaan dalam diri sendiri, atau mungkin kepercayaan orang lain terhadap kita, atau mungkin yang lainnya. Di sini saya akan lebih membahas pada kepercayaan orang lain. Lalu bagaimana seseorang bisa percaya dengan kita ? Mengapa harus membuat kepercayaan ? Kenapa tidak yang lainnya?
Kunci utama dari keberhasilan sebuah bisnis adalah
kepercayaan yang timbul dari konsumen terhadap produk ataupun jasa yang dijual.
Kepercayaan dalam hal bisnis memegang peranan penting untuk segala hal, jika
kepercayaan itu runtuh maka bias kita pastikan jalannya bisnis tidaka akan
berjalan mulus lagi. Di sini, hampir semua informasi terkait aspek keuangan
dibagi dengan karyawan, investor, dan pelanggan. Komunikasi secara
reguler dapat tumbuh di lingkungan terbuka, sehingga memungkinkan interaksi
yang konstan.Dalam pertemuan, setiap orang yang percaya dengan informasi
sensitif diharapkan dapat memanfaatkan inklusi mereka guna mendorong perusahaan
ke depan.
Strategi Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Akan Bisnis Anda
Konsumen harus memiliki kepercayaan bahwa produk atau jasa
yang dipilihnya mampu memberikan manfaat yang terbaik baginya. Di saat Anda
sebagai pemilik bisnis telah berhasil membangun kepercayaan dari konsumen,
bisnis Anda pasti akan mendapatkan lebih banyak pelanggan yang kembali,
termasuk rekomendasi secara gratis dari konsumen kepada orang-orang
terdekatnya.
Konsumen akan secara sukarela mempromosikan produk atau jasa
yang Anda jual terhadap orang-orang disekitarnya karena mereka telah memiliki
pengalaman yang baik dengan produk atau jasa dari Anda. Oleh karena itu, sangat
penting untuk dapat memperoleh kepercayaan dari konsumen akan bisnis Anda.
Strategi juga berpengaruh dalam sebuah perencanaan atau penawaran. Bagaimana cara membuat seseorang tertarik dengan kita atau produk atau layanan tergantung strategi kita ketika menghadapi mereka. Semua orang pasti memiliki strategi untuk mencapai sesuatu atau membuat sesuatu. Strategi yang ampuh dilakukan untuk itu yaitu penyesuaian dan umpan balik terhadap produk layanan.
Dari Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) dikemukakan empat unsur strategi dari setiap usaha, yaitu:
Strategi juga berpengaruh dalam sebuah perencanaan atau penawaran. Bagaimana cara membuat seseorang tertarik dengan kita atau produk atau layanan tergantung strategi kita ketika menghadapi mereka. Semua orang pasti memiliki strategi untuk mencapai sesuatu atau membuat sesuatu. Strategi yang ampuh dilakukan untuk itu yaitu penyesuaian dan umpan balik terhadap produk layanan.
Dari Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) dikemukakan empat unsur strategi dari setiap usaha, yaitu:
- Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (output) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya.
- Mempertimbangkan dan memilih jalan pendekatan utama (basic way) yang paling efektif untuk mencapai sasaran.
- Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah (steps) yang akan dtempuh sejak titik awal sampai dengan sasaran.
- Mempertimbangkan dan menetapkan tolok ukur (criteria) dan patokan ukuran (standard) untuk mengukur dan menilai taraf keberhasilan (achievement) usaha.
Berikut adalah 5 strategi yang dapat Anda gunakan dalam memunculkan kepercayaan konsumen akan bisnis Anda yang menurut saya cukup penting karena sudah mencangkup hampir semuanya yang dibutuhkan:
1. Komunikasi
Komunikasi adalah hal terpenting dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Alih-alih hanya memberi tahu pelanggan tentang bisnis Anda, mulailah melakukan percakapan dengan mereka. Cari tahu apa yang menjadi kebutuhan dari pelanggan, lalu tunjukkan pada mereka bahwa Anda memiliki solusi untuk masalah mereka.
Komunikasi adalah hal terpenting dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Alih-alih hanya memberi tahu pelanggan tentang bisnis Anda, mulailah melakukan percakapan dengan mereka. Cari tahu apa yang menjadi kebutuhan dari pelanggan, lalu tunjukkan pada mereka bahwa Anda memiliki solusi untuk masalah mereka.
2. Buatlah produk atau jasa anda melebihi harapan
pelanggan
Pelanggan Anda mengharapkan
produk atau jasa yang dibelinya dari Anda merupakan produk atau jasa terbaik
baginya. Singkatnya, jika Anda berhasil membuat pelanggan merasa senang dengan
kualitas dari bisnis Anda, maka pelanggan akan kembali dan menggunakan produk
atau jasa Anda secara terus menerus.
Untuk membuat pelanggan yakin
bahwa telah memilih produk atau jasa yang tepat, Anda dapat melakukan beberapa
hal ini, seperti; mengantarkan produk atau jasa lebih cepat dari yang
diantisipasi, memberikan packaging yang bagus. Bila Anda memberikan
lebih awal dari yang diharapkan, pelanggan akan senang dengan pelayanan yang
Anda berikan.
3. Mintalah kritik dan saran
3. Mintalah kritik dan saran
Apakah pelanggan memiliki opini
baik atau buruk tentang bisnis Anda? Mendengarkan kritik dan saran dari
pelanggan akan menunjukkan bahwa Anda peduli akan kebutuhan mereka. Cobalah
untuk melakukan survei singkat baik melalui online ataupun offline, mintalah
kritik dan saran dari pelanggan akan produk atau jasa yang baru dibelinya dari
Anda.
Kritik dan saran dari pelanggan akan membantu Anda mengetahui lebih dalam akan kebutuhan yang ada, sehingga Anda dapat memberikan solusi terbaik untuk masalah mereka. Semakin baik penawaran Anda, dan mampu memenuhi kebutuhan mereka, semakin besar peluang adanya peningkatan penjualan. Pastikan untuk selalu mendengarkan setiap komentar yang ada dan tanggapi dengan segera. Termasuk apabila komentar yang diberikan merupakan komentar yang negatif.
Kritik dan saran dari pelanggan akan membantu Anda mengetahui lebih dalam akan kebutuhan yang ada, sehingga Anda dapat memberikan solusi terbaik untuk masalah mereka. Semakin baik penawaran Anda, dan mampu memenuhi kebutuhan mereka, semakin besar peluang adanya peningkatan penjualan. Pastikan untuk selalu mendengarkan setiap komentar yang ada dan tanggapi dengan segera. Termasuk apabila komentar yang diberikan merupakan komentar yang negatif.
Melalui komentar inilah Anda
dapat melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan yang Anda perbuat dalam
bisnis.
4. Lakukan komunikasi dua arah dengan pelanggan
4. Lakukan komunikasi dua arah dengan pelanggan
Seiring dengan perkembangan
teknologi, ada lebih banyak cara untuk dapat memulai percakapan dengan
pelanggan Anda dibandingkan sebelumnya. Ada banyak medium online dan media
sosial yang dapat Anda gunakan untuk dapat menjangkau pelanggan. Tindakan
komunikasi dua arah dengan pelanggan ini bertujuan untuk menumbuhkan hubungan
diantara bisnis Anda dengan pelanggan.
Pelanggan cenderung akan bersifat
transparan dan lebih terbuka akan kekurangan dari produk Anda yang tidak ia
suka. Dengan metode ini, Anda akan selalu menjadi terdepan diantara competitor,
karena dengan cepat Anda dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada
tersebut.
5. Tujukkan apresiasi
5. Tujukkan apresiasi
Berikan apresiasi terhadap
pelanggan lama dengan program loyalitas diskon. Anda dapat membagikan kartu hadiah,
atau menggunakan program loyalitas untuk memberikan penghargaan kepada
pelanggan. Dengan program loyalitas ini, pelanggan mendapatkan poin untuk
membeli barang atau jasa Anda. Setelah mendapatkan sejumlah poin, maka
pelanggan berhak mendapatkan hadiah. Misalnya, Anda bisa memberi hadiah kepada
pelanggan dengan diskon untuk pembelian berikutnya.
Juga berikan barang bermerek
murah, seperti pulpen atau notes, atau bahkan barang mahal, seperti kaos, topi
atau jaket dengan logo Anda di atasnya. Ini adalah cara kecil namun efektif
untuk mengucapkan terima kasih kepada pelanggan sekaligus menjaga bisnis Anda
tetap menjadi pilihan utama bagi pelangggan.
MEMBANGUN KEPERCAYAAN, STRATEGI, DAN TEKNOLOGI DALAM BISNIS |
Disini saya mengambil
contoh kasus investasi di Indonesia.
1. Di era jaman sekarang, sudah mulai banyaknya
masyarakat yang melek akan bisnis, dan menurut saya yang paling diminati adalah
sektor bisnis investasi.
2. Berdasarkan data statistik yang dikeluarkan oleh
Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dalam kurun waktu kuartal pertama
saja, yaitu dari Januari-Maret 2018, investasi di Indonesia mencapai angka Rp
185,3 triliun.
3. Indonesia pada tahun 2018 mendapat julukan “Sebagai
Negara Terbaik Tujuan Investasi Kedua di Dunia 2018”.
4. Investasi diperlukan untuk sebuah Negara maupun
perusahaan untuk mengembangkan dan meningkatkan daya saing
Banyak website dan badan usaha yang bergerak dibidang bisnis
investasi, katakanlah yang paling terkenal di Indonesia apa BEI (Bursa Efek Indonesia), banyak
lapak saham baik perusahaan nasional maupun multinasional yang memperdagangkan
sahamnya di lantai BEI. Kemudian yang menjadi trend ditahun 2018 adalah KOINWORKS, koinworks adalah perusahaan
Peer to Peer Fintech Lending Indonesia terdepan, menghubungkan Pendana dan
Peminjam dalam sebuah platform online untuk saling memenuhi kebutuhan finansial,
KoinWorks bisa diakses di www.koinworks.com.
Namun perlu kita ketahui, semua platform investasi di
Indonesia dipantau dan atur oleh OJK(Otoritas Jasa Keuangan). OJK sendiri adalah lembaga Negara yang dibentuk
berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan
sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan
kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal,
dan sektor jasa keuangan non-bank seperti Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga
Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya.
Proses Bisnis dan Teknologi
Bisnis dan Teknologi |
Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini, bisa dikatakan teknologi informasi telah masuk ke dalam segala bidang, salah satunya di bidang bisnis, tak luput juga bisnis investasi. Jaman telah berubah, perilaku konsumenpun juga telah ikut berubah, mereka banyak berbagi informasi melalui media online, baik informasi personal atau informasi data mereka. Bahkan sekarang untuk mencari informasi dan mencari produk yang mereka butuhkan, mereka akan melakukan pencarian melalui internet. Ketika pola dan perilaku konsumen telah berubah seiring berkembangnya teknologi, maka pelaku bisnis pun harus segera memanfaatkan teknologi untuk bisnis nya. Bisnis tanpa memanfaatkan teknologi informasi tidak akan bisa maju bahkan terancam bangkrut.Dalam sebuah kerjasama atau sebelumnya yaitu pada penawaran suatu produk atau layanan teknologi yang digunakan cukup berpengaruh dalam berhasilnya suatu penawaran atau kesepakatan. Saat ini seseorang pasti lebih memilih teknologi yang lebih maju atau lebih bagus daripada teknologi yang lama atau tradisional. Sehingga menjadi maklum saja jika pada waktu tertentu suatu teknologi akan tergeser dengan teknologi yang lebih baru dan lebih bagus. Jadi teknologi yang kita gunakan pada produk atau layanan kita harus mengikuti jaman, sehingga seseorang akan tertarik dengan produk atau layanan kita.
Begitu pula proses bisnis di KoinWorks sudah sangat mengikuti jaman yang dipenuhi teknologi terbaru, seperti yang saya katakan diatas, KoinWorks adalah perusahaan Peer to Peer Fintech Lending Indonesia terdepan,
menghubungkan Pendana dan Peminjam dalam sebuah platform online untuk saling
memenuhi kebutuhan finansial. Jadi kita bias memilih, mau sebagai pendana atau
peminjam dana di KoinWorks. Jadi, dengan kata lain KoinWorks ini mirip dengan
Bank, namun dia lebih berani dalam memberikan layanan dan fasilitas lebih daripada
bank. Mulai investasi anda bisa memulai dengan nilai minimum adalah Rp
100.000,- dan dengan bunga efektif pertahun mencapai 21.32%. Cukup menggiurkan
bukan?
Teknologi yang digunakan di KoinWorks pada awalnya
menggunakan teknologi Peer To Peer Lending. Peer to Peer Lending (P2P Lending) adalah
praktek atau metode memberikan pinjaman uang kepada individu atau
bisnis dan juga sebaliknya, mengajukan pinjaman kepada pemberi pinjaman,
yang menghubungkan antara pemberi pinjaman dengan peminjam atau investor secara
online.
Peer to Peer Lending (P2P Lending) memungkinkan setiap orang
untuk memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman yang satu dengan yang
lain untuk berbagai kepentingan tanpa menggunakan jasa dari lembaga keuangan
yang sah sebagai perantara. Pada dasarnya, sistem P2P Lending ini sangat
mirip dengan konsep marketplaceonline, yang menyediakan wadah sebagai
tempat pertemuan antara pembeli dengan penjual.
Namun, semakin berkembangnya teknologi. Kini Koinworks
menggunakan fitur investasi P2P berbasis Algoritma machine learning yang bernama RoboLending. RoboLending disini
membantu investor untuk menemukan dan memaksimalkan hasil investasinya dengan
melakukan perbandingan algoritma dan nilai investasi disesuaikan dengan
klasifikasi kebutuhan anda sesuai dengan jangka waktu yang dikehendaki.
Selain itu, Koinworks juga sudah memiliki partner yang sudah
merambah disegala sector, baik perusahaan jasa maupun teknologi. Ini jelas
menuntut Koinworks untuk terus berinovasi dan berimprovisasi sebaik mungkin
dalam memberikan pelayanan terhadap investor kedepannya.
Nah, itu tadi adalah bagaimana cara membangun kepercayaan, strategi dan teknologi yang saya olah dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat. Dan Salam Teknologi.
Nah, itu tadi adalah bagaimana cara membangun kepercayaan, strategi dan teknologi yang saya olah dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat. Dan Salam Teknologi.
Komentar
Posting Komentar